Selasa, 06 November 2012

Alat untuk mengukur kadar air kakao

Kadar air pada biji kakao merupakan sifat fisik yang sangat penting dan sangat diperhatikan oleh pembeli. Selain sangat berpengaruh terhadap randemen hasil (yield), kadar air juga berpengaruh pada daya tahan biji kakao terhadap kerusakan terutama saat penggudangan dan pengangkutan. Biji kakao,
yang mempunyai kadar air tinggi, sangat rentan terhadap serangan jamur dan serangga. Keduanya sangat tidak disukai oleh konsumen karena cenderung menimbulkan kerusakan cita-rasa dan aroma dasar yang tidak dapat diperbaiki pada proses berikutnya. Standar kadar air biji kakao mutu ekspor adalah 6 - 7%. Jika lebih tinggi dari nilai tersebut, biji kakao tidak aman disimpan dalam waktu lama, sedang jika kadar air terlalu rendah biji kakao cenderung menjadi rapuh.

Tujuan pengeringan biji kakao adalah menurunkan kadar air dari 60% menjadi 6 - 7%. Ada beberapa cara pengeringan yaitu dengan sinar matahari, dengan alat pengering dan kombinasi keduanya. Kombinasi pengeringan kakao dengan menggunakan sinar matahari dan panas buatan lebih baik karena tidak tergantung cuaca dan bahan bakar yang dikonsumsi. Kadar air kakao dapat kita dapatkan dengan mudah jika menggunakan alat ukur kadar air digital, seperti JV-010S.

jv-010s pengukur kadar air kakao


JV-010S adalah alat untuk mengukur kadar air yang praktis namun sangat akurat dan dapat dikalibrasi oleh pengguna sendiri dengan mudah. Mampu mengukur 24 jenis bijian yang berbeda, 20 kategori diantaranya sudah diset dari pabrikan dan 4 kategori dapat anda set sendiri.
Informasi dan pemesanan product :

Bondan SH

T : 0281 7922286
F : 0281 637647
H : 0852 9177 1888, 0858 7878 8168
E : Bondan [ dot ] S[ dot ]H @gmail [ dot ] Com
W : www [ dot ]tester-[ dot ]kadar-[ dot ]air[ dot ].com | www.indo-digital.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar